Sabtu, 07 November 2009

Menginstal Linux di AXIOO TVW 8162


Telah sukses menginstall XP di AXIOO, saya pun mencoba untuk menginstall Linux yaitu UBUNTU 8.10 agar laptop ini mampunyai 2 operating system. Setelah dicoba untuk menginstal UBUNTU ternyata si laptop yang saya punyai ini tidak support, alhasil laptop ini tidak dapat diinstall UBUNTU. Sedih dan sangat kecewa karena waktu saya membeli laptop ini dalam brosur dan petunjuknya AXIOO tipe TVW 8162 support dengan linux, ternyata yang dapat dijalankan hanya DVD Recovery Linux bawaan vendor AXIOO.

Saya pun akhirnya googling untuk mencari pemecahan masalah yang saya hadapi ini dan saya pun mendapatkan jawaban atau semacam trik dari beberapa artikel untuk dapat menginstall UBUNTU 8.10 di laptop AXIOO TVW 8162.
Pertama setelah booting dengan CD UBUNTU maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, yaitu untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan dalam proses instalasi dan pilih bahasa yang anda inginkan.



Setelah itu arahkan cursor pada “Install Ubuntu”  lalu tekan tombol F6 untuk memodifikasi option booting dan kita akan memodifikasinya dengan menambahkan “acpi=off noapic” (tanpa tanda kutip) pada baris yang paling awal.

BIsa dilihat seperti dibawah ini.




Sekarang anda bisa menginstal UBUNTU 8.10 tetapi setelah proses instalasi selesai anda harus merubah
1)       ubuntu 8.10 kernel 26.27.7 generic  pada menu booting saat anda di hadapkan oleh 3 pilihan, lalu arahkan cursor pada pilihan yang paling atas atau yang pertama. Setelah itu tekan tombol “E” untuk memodifikasi perintah agar kita dapat menjalankan operating system ini.
Cari baris yang ada
kernel /boot/vmlinuz-2.6.xx-xx root=yyy ro quiet splash
 Lalu ubah dengan menekan tombol “E” menjadi
kernel /boot/vmlinuz-2.6.xx-xx root=yyy ro acpi=off noapic quiet splash
Setelah proses memodifikasi tersebut tekan tombol “B” untuk masuk dan menjalankan UBUNTU.
2)      file /boot/grub/menu.lst
Masuk ke menu.lst dengan cara mengetikkan :
sudo gedit /boot/grub/menu.lst
Cari baris yang ada
kernel /boot/vmlinuz-2.6.xx-xx root=yyy ro quiet splash
Lalu ubah menjadi (anda menambahkan acpi=off noapic)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.xx-xx root=yyy ro acpi=off noapic quiet splash

Selamat mencoba.


1 komentar:

  1. kalo meng instal ubuntu maverick 10 sama caranya dengan yang di atas broo

    BalasHapus