Senin, 29 November 2010

Membangun Sebuah Bisnis Online

Kemajuan teknologi khususnya dalam bidang teknologi informasi, banyak membuat para pelaku usaha memanfaatkan bidang ini sebagai wadah untuk menyalurkan produk-produk yang mereka jual melalui dunia maya atau jaringan internet, dan biasa kita sebut dengan "Bisnis Online".
Dalam tulisan saya kali ini, saya akan mencoba dan berandai-andai untuk memiliki toko online. Sebelum melangkah lebih jauh, hal yang harus saya perlukan antara lain :

1. Peralatan pendukung, seperti komputer + modem.
2. Rekening bank atau bisa dengan paypal, sebagai alat untuk transfer uang.
3. Produk, dalam hal ini saya akan mencoba untuk membuat toko online jasa penjualan barang elektronik.
4. Pelayanan Pelanggan, fungsi dari pelayanan pelanggan adalah untuk menjelaskan kepada konsumen tentang tatacara pembayaran atau pun pemesanan barang melalui situs yang telah disediakan.
5. Situs, tempat untuk menawarkan barang yang dijual.
6. Dana, ini adalah hal yang sangat amat penting untuk membangun sebuah bisinis.


Setelah keenam komponen diatas sudah kita miliki, langkah selanjutnya adalah menyusun sebuah daftar barang yang dijual, misalnya dalam sebuah situs yang telah kita buat dan alangkah baiknya disertakan sebuah gambar ataupun keterangan dalam produk yang kita tawarkan tersebut. Dalam hal ini saya akan membangun sebuah toko online penjualan elektronik dan saya khususkan untuk menjual kamera digital.

Dalam situs yang menawarkan berbagai produk, alangkah baiknya kita membuat sebuah tab katalog atau daftar produk yang kita tawarkan atau ditambah dengan menggunakan fasilitas search engine untuk mempermudah konsumen untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Produk yang saya jual dalam situs ini saya kategorikan sesuai merk dari distributor kamera tersebut, seperti canon, nikon, sony, dan pentax.

Situs ini juga menyediakan tempat untuk tanya jawab seputar produk yang saya jual di tempat yang telah disediakan seperti kolom tanya-jawab atau dapat langsung menghubungi customer servis kami. Pembayaran dan pemesanan barang pun dapat dilakukan sesuai kesepakatan antara pelanggan yang telah tercantum dalam tatacara pemesanan barang yang sudah kami siapkan juga pada halaman tatacara pembayaran dan pemesanan.

Untuk cara pengiriman barang, mungkin saya akan lakukan seperti kebanyakan bisnis online yang sedang marak di Indonesia ini, yaitu apabila pelanggan menginginkan barang yang ada di daftar produk, pelanggan harus mengisi sebuah form yang berisikan antara lain, nama, alamat, dan tipe produk yang diinginkan. Setelah itu secara langsung saya akan mendapatkan data-data yang telah diisikan oleh pelanggan tersebut, setelah saya confrim, saya akan melakukan replay atau menghubungi pelanggan untuk mentransfer uang ke nomor rekening yang sudah disediakan didalam situs penjualan online, dan apabila si pelanggan sudah mentranfer uang saya akan mengirimkan barang tersebut melalui jasa pengiriman barang yang telah disepakati sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar